Translate:

Peneliti Temukan Spesies Dinosaurus "Vampire"

Pegomastax Africanus (Foto: Sky)


Peneliti mengklaim telah menemukan spesies dinosaurus baru yang memiliki taring dan paruh. Peneliti mengatakan bahwa hewan purba ini terlihat seperti perpaduan burung, landak dan vampire.

Hewan purba ini terlihat begitu kecil dan memerlukan hingga puluhan tahun bagi peneliti untuk memastikan identitas mereka. Penemuan ini awalnya terungkap pada 1983 dari spesimen yang ditemukan di lempengan batu merah di Afrika Selatan pada 1960.

Dilansir Sky, Sabtu (6/10/2012), kini, spesies dinosaurus bertubuh kecil ini telah dikonfirmasi oleh para peneliti di University of Chicago. Spesies ini bernama Pegomastax africanus yang berarti dinosaurus rahang tebal dari Afrika.

Hewan purbakala dengan panjang 61 centimeter dan berat tubuh kurang dari berat kucing rumahan ini digambarkan mirip burung, landak dan vampire karena memiliki taring serta paruh yang tumpul. Makhluk hidup yang pernah mendiami wilayah Afrika selatan ini diyakini hidup pada 200 juta tahun lalu.

"Pegomastax dan keluarga terdekatnya adalah hewan pemakan tumbuhan yang paling mahir di zamannya," kata Paul Sereno, paleontolog dalam terbitannya di jurnal ZooKeys. Paul mengatakan, semasa hidupnya, Pegomastax africanus kemungkinan besar menghabiskan waktu mereka untuk mencari makanan.

Tubuhnya yang kecil di antara dinosaurus raksasa yang hidup di masanya, Pegomastax africanus kemungkinan senang bersembunyi. Hewan purba ini tergolong ke dalam klasifikasi hewan pemakan tumbuhan atau herbivora, heterodontosaurus.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Peneliti Temukan Spesies Dinosaurus "Vampire" ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Sunday, October 7, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Peneliti Temukan Spesies Dinosaurus "Vampire"
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...