Translate:

Lorenzo Juara, Stoner Pensiun

Casey Stoner sukses meraih podium pertama di MotoGP Australia 2012. (Foto: Reuters)


Seri MotoGP Australia 2012 kali ini berakhir dengan cukup manis bagi dua pembalap, yaitu Jorge Lorenzo dan Casey Stoner. Meski finis ditempat kedua pada balapan kali ini, Lorenzo tetap menjadi juara dunia MotoGP di musim ini.

Sedangkan bagi Stoner, ia sukses meraih podium pertama di negaranya sendiri di akhir karier balapannya di ajang MotoGP. Stoner pun mencetak rekor sendiri di seri kali ini, yaitu dengan menyapu bersih semua sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan.

Kemenangan yang diraih oleh pembalap Repsol Honda tersebut adalah kemenangan keenam secara beruntun di Sirkuit Philip Island. Raihan tersebut sama dengan milik Valentino Rossi yang berhasil juara enam kali di kandang sendiri, Mugello -Italia.

Tentunya, hasil gemilang ini menjadi catatan tersendiri bagi Stoner yang memutuskan pensiun di akhir musim ini dan tempatnya bakal digantikan oleh Marc Marquez.. Stoner sendiri sudah pernah merasakan gelar juara dunia pada tahun 2007 dan 2011.

Kebahagian juga dirasakan oleh Lorenzo pada seri kali ini. Pembalap asal Yamaha ini sudah dipastikan akan menjadi juara dunia MotoGP 2012. Pasalnya rival terberatnya, Dani Pedrosa harus harus tersingkir karena kecelakaan di awal balapan.

Pastinya, raihan 350 poin yang didapatkan Lorenzo kali ini sudah tidak mungkin disusul oleh Pedrosa. Selain jarak selisih poin yang cukup jauh, balapan juga tinggal menyisakan satu seri lagi pada musim ini.

Gelar juara dunia yang diraih oleh Lorenzo saat ini adalah yang kedua kalinya, sebelumnya Lorenzo sukses meraih gelar juara dunianya pada di tahun 2010. Konsistensi Lorenzo pada musim ini pun terbayar dengan hasil yang sangat memuaskan.

Sepanjang musim 2012 ini, Lorenzo kerap finis di posisi kedua dengan meraih podium pertama sebanyak enam kali. Rekan Rossi di musim depan ini, hanya sekali gagal finis yaitu pada seri MotoGP Belanda, karena tertabrak Alvaro Bautista.

Jalannya Balapan:
Lorenzo mengawali balapan dengan meraih posisi pertama setelah menyusul peraih pole position, Stoner. Namun, posisi harus disalip oleh Dani Pedrosa dengan Stoner di posisi ketiga.

Pada trek lurus di jalur start/finis, Stoner berhasil menyusul Lorenzo. Pertarungan antara dua pembalap Repsol Honda pun tersaji di lap tersebut, dengan Lorenzo berada di posisi ketiga.

Petaka pun datang pada Pedrosa saat melewati tikungan pertama di lap kedua, motor yang ditungganginya harus terjatuh. Mimpi Pedrosa untuk meraih gelar juara musim ini pun seketika pupus.

Keluarnya Pedrosa, membuat balapan tak begitu menarik karena tak adanya persaingan yang begitu terlihat di posisi depan. Stoner terus menjauh dari Lorenzo hingga memastikan kemenangan dengan catatan waktu 41 menit 1.324 detik.

Sedangkan, Lorenzo memastikan diri di posisi kedua dengan catatan waktu 41 menit 10.547 detik. Di  posisi ketiga ada pembalap dari Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow yang meriah waktu 41 menit 15.894 detik.

Hasil Lengkap Balapan MotoGP Australia, Minggu (28/10/2012):
Pos Rider Team/Bike Time/Gap
1. Casey Stoner Honda 41m01.324s
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 9.223s
3. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 14.570s
4. Andrea Dovizioso Tech 3 Yamaha + 23.303s
5. Alvaro Bautista Gresini Honda + 23.432s
6. Stefan Bradl LCR Honda + 23.467s
7. Valentino Rossi Ducati + 37.113s
8. Nicky Hayden Ducati + 38.387s
9. Karel Abraham Cardion Ducati + 52.613s
10. Aleix Espargaro Aspar Aprilia + 1m00.299s
11. Randy de Puniet Aspar Aprilia + 1m00.342s
12. Hector Barbera Pramac Ducati + 1m21.951s
13. Danilo Petrucci Ioda Suter-BMW + 1m27.857s
14. Michele Pirro Gresini FTR-Honda + 1 lap
15. Ivan Silva Avintia BQR-Kawasaki + 1 lap

Gagal Finis:
Roberto Rolfo Speed Master Aprilia 18 laps
Colin Edwards Forward Suter-BMW 6 laps
James Ellison Paul Bird Aprilia 5 laps
Dani Pedrosa Honda 1 lap

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Lorenzo Juara, Stoner Pensiun ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Monday, October 29, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Lorenzo Juara, Stoner Pensiun
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...