Translate:

Macam-macam Palu / Hammer di Dunia


SEJARAH SINGKAT PALU (HAMMER)
Palu atau Martil adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan kepada benda. Palu umum digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, penempaan logam dan menghancurkan suatu obyek. Palu dirancang untuk tujuan tertentu dengan variasi dalam bentuk dan struktur.

Bentuk umum palu terdiri dari gagang palu dan kepala palu, dengan sebagian besar berat berada di kepala palu. Desain dasar palu agar mudah digunakan, tetapi ada juga model palu mekanis yang dioperasikan untuk keperluan yang lebih besar. Palu besar dalam Bahasa Indonesia disebut dengan godam.

Palu mungkin adalah peralatan paling tua yang masih diketahui keberadaannya. Palu dari batu diketahui telah digunakan sejak tahun 2.600.000 Sebelum Masehi. Palu adalah peralatan dasar untuk banyak profesi. Sebagai analogi, palu juga digunakan sebagai perangkat yang didesain untuk memberikan tumbukan, contoh dalam mekanisme pelontar peluru pada pistol.

MACAM-MACAM PALU (HAMMER)

Claw Hammer
Palu ini digunakan untuk menumbuk paku kedalam objek yang permukaannya tidak terlalu keras dan untuk mencabut paku dari objek yang telah dipaku. palu ini tidak cocok untuk objek yang permukaannya logam


Geologist's Hammer
Digunakan untuk memecahkan batu agar dapat mengetahui perkiraan komposisi, sifat, mineralogi dan sejarah dalam upaya mengumpulkan fosil.


Upholstery Hammer
Digunakan untuk menumbuk paku payung atau paku kecil,palu ini terdapat magnet yang fungsi agar memudahkan menempelkan paku payung atau paku kecil


Cross Peen Hammer
Digunakan untuk merapihkan permukaan yang dilas atau dikeling. Baja pada Cross Peen Hammer berorientasi tegak lurus


Ball Peen Hammer
Fungsinya sama dengan Cross Peen Hammer digunakan untuk merapihkan permukaan yang dilas atau dikeling. Baja pada Ball Peen Hammer bentuk irisan menyebar tegak lurus ke tepi kepala.


Rubber Mallet Hammer
Digunakan untuk memasang keramik karena permukaanya terbuat dari plastik jadi tidak menyebabkan keramik pecah.


Wooden Mallet Hammer
Digunakan untuk menumbuk pahat


 Sledge Hammer
Digunakan untuk menghancurkan dinding atau batu yang besar


Stone Tapping Hammer
Palu ini digunakan pada saat zaman pra-sejarah


Perforated Hammer Head Of Stone
Sama halnya dengan Stone Tapping Hammer, Perforated Hammer Head Of Stone digunakan pada saat zaman pra-sejarah


Long Cross Face Hammer (blacksmithing)
Salah satu palu yang sering digunakan pandai besi untuk menenpa besi panas


Twist Hammer (blacksmithing)
Salah satu palu yang sering digunakan pandai besi untuk menenpa besi panas


Dog Head Hammer (blacksmithing)
Salah satu palu yang sering digunakan pandai besi untuk menenpa besi panas


Straight Pane Sledge Hammer (blacksmithing)
Salah satu palu yang sering digunakan pandai besi untuk menenpa besi panas


Bush Hammer
Digunakan untuk menciptakan tekstur, kasar bopeng yang menyerupai alami pelapukan batuan pada beton atau batu. Palu diciptakan oleh pematung Perancis Henri Bouchard.


Mjolnir Hammer
Dalam mitologi Nordik, Mjolnir adalah palu atau gada besar yang dipakai oleh Thor putra dari Freyr untuk berperang. Mjolnir merupakan palu yang mempunyai kekuatan listrik sebagaimana pemakainya, dewa Thor. Mjolnir dilambangkan membantu Thor dalam banyak peperangan dan pertarungan. Adapun sumber lain yang mengatakan bahwa Mjolnir merupakan alat yang dipakai Thor untuk membuat petir.


Welder Hammer
Digunakan untuk membuang terak2 sisa las


Meat Tenderizer Hammer
Digunakan untuk melunakkan daging


 Seismic Hammer
Digunakan untuk survey seismic "salah satu kegiatan eksplorasi minyak dan gas yang menggunakan metode geofisika dengan pemanfaatan penjalaran gelombang di bawah permukaan menggunakan sumber getar dan penerima getar yang dibentang di atas permukaan tanah.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Macam-macam Palu / Hammer di Dunia ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Thursday, June 28, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Macam-macam Palu / Hammer di Dunia
 
Reactions: 

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...