Translate:

Download dengan Torrent



Download merupakan kegiatan pengambilan data dari server untuk disimpan ke dalam Komputer yang digunakan. Kali ini, dotomo akan mengulas download file dari Internet menggunakan salah satu metode yang dikenal dengan sebutan peer to peer atau biasa disingkat dengan P2P. Dari sekian banyak metode download P2P yang diterapkan melalui jaringan internet, BitTorrent menjadi salah satu protocol internet yang cukup populer di kalangan pengguna dalam melakukan sharing data baik untuk keperluan upload maupun download file.

Mengenal Torrent
            Seperti yang sudah dipaparkan sekilas diatas, BitTorrent merupakan protocol sharing file yang menerapkan metode peer to peer atau P2P. Berbeda dengan protokol-protokol internet lainnya, BitTorrent lebih banyak digunakan untuk mendistribusikan file maupun paket data yang berkapasitas besar. Meskipun demikian, kecepatan koneksi pendistribusian data yang ditawarkan melalui protokol ini sangat cepat dibandingkan dengan ukuran bandwidth standar jaringan internet via dial-up. Bahkan bukan sampai di situ saja, spesifikasi computer klien yang anda gunakan pun tidak harus menggunakn CPU dengan kecepatan tinggi. Cukup dengan computer setara Pentium I dan memori 14MB sudah bisa digunakan untuk meluncurkan aplikasi klien BitTorrent dan men-download file yang diinginkan server.
            Berpusat di kota San Francisco, California, BitTorrent Inc. yang berdiri sejak 22 September 2004 merupakan perusahaan pertama yang mengembangkan teknologi content delivery P2P berbasis protocol BitTorrent. Sebagai pendiri perusahaan, Bram Cohen bahkan membuat dan menulis sendiri program yang dijalankan oleh protokol tersebut.
            Secara teknis, penerapan metode pendistribusian file yang dijalankan oleh protokol BitTorrent cukup sederhana. Pada dasarnya, teknik tersebut tidak jauh berbeda dengan metode link exchange atau pertukaran link yang mungkin selama ini sudah sering anda lakukan. Pengirim file atau orang yang meng-upload tidak perlu memberikan seluruh file. Yang hendak disimpan di server. Melalui situs yang menyediakan layanan upload BitTorrent, Anda dapat melakukan proses tersebut yang nantinya akan menghasilkan sebuah paket data berukuran kecil. Prosedur yang diterapkan dalam protokol BitTorrent secara otomatis menyimpan seluruh informasi yang berasal dari file master dan memasukkannya ke dalam sebuah paket data dengan kapasitas yang jauh lebih kecil. Dengan kata lain, file tersebut merupakan metadata dari file master yang tersimpan di server.
            Selanjutnya, ketika anda men-download file yang terdapat pada situs atau server yang menyediakan layanan BitTorrent, data yang anda peroleh setelah proses download bukanlah data yang sebenarnya diinginkan. Tahapan berikut yang perlu anda lakukan adalah mengakses file tersebut menggunakan aplikasi klien BitTorrent yang secara otomatis akan menampilkan semua informasi penting terkait dengan file yang sebenarnya akan di download. Baru setelah anda mengeksekusi perintah download dari aplikasi klien tersebut, maka file master langsung dipindahkan dari server ke dalam computer yang anda gunakan.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Download dengan Torrent ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Tuesday, May 1, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Download dengan Torrent
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...