Translate:

Danau Tertinggi di Asia, Dikelilingi Tujuh Gunung

Danau Gunung Tujuh, Jambi (Foto: astacala)


Pulau Sumatera masih menyimpan banyak lokasi wisata yang tersembunyi dan tidak diragukan lagi keindahannya. Salah satunya adalah Danau Gunung Tujuh di Provinsi Jambi, tepatnya di Kabupaten Kerinci.

Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat, dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Ketinggian danau ini mencapai 1950 meter.

Dinamakan Danau Gunung Tujuh karena ada tujuh puncak gunung yang mengelilinginya, antara lain, yaitu Gunung Kerinci, Gunung Hulu Tebo (2.525 meter dpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 meter dpl), Gunung Mandura Besi (2.418 meter dpl), Gunung Selasih (2.230 meter dpl), Gunung Jar Panggang (2.469 meter dpl), dan Gunung Tujuh (2.732 meter dpl) yang puncaknya paling tinggi.

Kondisi alam Danau Gunung Tujuh masih sangat alami karena belum terusik padatnya kunjungan wisatawan. Suasana alam di sini begitu menyejukkan dengan panoramanya yang indah dan alami, air danaunya pun begitu jernih. Di beberapa titik di pinggir danau, terdapat pasir yang membentar menyerupai pantai, yang menjadi tempat wisatawan berkemah sambil menanti matahari terbit.

Di sekitar Danau Gunung Tujuh hidup berbagai jenis flora dan fauna khas Sumatera, seperti harimau Sumatera, siamang, beruang madu, berbagai jenis burung juga bermacam-macam spesies anggrek dan kantung semar. Tidak jauh dari Danau, terdapat panorama alam lain yang juga dapat dinikmati, yaitu Air Terjun Gunung Tujuh, dengan ketinggian 100 meter.

Untuk mencapai Danau Gunung Tujuh, dapat diawali dari Kota Jambi ke Kota Sungai Penuh selama 10 jam dengan kendaraan umum, lalu lanjut ke Desa Pelompek sejauh 50 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Dari Desa Pelompek menuju Danau Gunung Tujuh hanya perlu berjalan kaki selama 2,5 jam.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Danau Tertinggi di Asia, Dikelilingi Tujuh Gunung ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Monday, November 5, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Danau Tertinggi di Asia, Dikelilingi Tujuh Gunung
 
Reactions: 

2 comments:

  1. wah, jadi pengen kesitu :D sayang jauh ...
    Em kalau ada waktu,, sempetin kujungan balik ea, selalu aku tunggu, http://wono-sobo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Artikel yang Cukup Bagus Sobat.. :D
    Hanya Ingin Meramaikan . :D
    #KeepBlogwalking

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...