Translate:

10 hal menakjubkan di dunia dan alam semesta


10. Hypervelocity star

Bintang hipercepat (Inggris: hypervelocity star atau HVS) adalah bintang yang bergerak dengan kecepatan ekstrim (lebih dari 1000 km/detik). Bintang-bintang ini dihasilkan oleh sebuah perjumpaan (encounter) dinamik antara bintang ganda dekat dengan lubang hitam di Pusat Galaksi kita. Keberadaan bintang jenis ini pertama kali diformulasikan oleh Jack Hills[1] (1988) sebagai sebuah simulasi teoritik.

9.Black Holes

Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Di pusat galaksi, lubang hitam sekitar 10.000 hingga 18 miliar kali lebih berat daripada matahari diperkirakan ada, diperbesar dengan menelan atas gas, debu,bintang dan lubang hitam kecil.

8.Magnetars
Sebuah magnetar adalah jenis bintang neutron dengan medan magnet sangat kuat, peluruhan yang kekuatan emisi jumlah berlebihan tinggi energi radiasi elektromagnetik, khususnya sinar-X dan sinar gamma. [1] Teori mengenai objek-objek ini diusulkan oleh Robert Duncan dan Christopher Thompson pada tahun 1992, tetapi tercatat pertama ledakan sinar gamma diduga dari magnetar terdeteksi pada tanggal 5 Maret 1979. [2] Selama dekade berikutnya, maka hipotesis magnetar telah menjadi diterima secara luas sebagai kemungkinan penjelasan untuk soft gamma repeater (SGRs) dan anomali X-ray pulsar (AXPs).

7. Neutrinos
Neutrino adalah suatu partikel dasar. Neutrino mempunyai spin 1/2 dan oleh sebab itu merupakan fermion. Massanya sangat kecil, walaupun eksperimen yang terbaru (lihat Super-Kamiokande) menunjukkan bahwa massanya ternyata tidak sama dengan nol. Neutrino hanya berinteraksi lewat interaksi lemah dan gravitasi, tak satu pun lewat interaksi kuat atau interaksi elektromagnetik.
Karena dalam proses interaksi lemah, penampang nuklir sangat kecil, neutrino dapat melewati materi nyaris tanpa halangan. Untuk neutrino-neutrino tipikal yang dihasilkan di dalam Matahari (dengan energi beberapa MeV) diperlukan kira-kira satu tahun cahaya (~1016m) timbal untuk memblok setengah dari jumlahnya.

6. Dark Matter(materi gelap)
Materi gelap adalah materi yang tidak dapat dideteksi dari radiasi yang dipancarkan atau penyerapan radiasi yang datang ke materi tersebut, tetapi kehadirannya dapat dibuktikan dari efek gravitasi materi-materi yang tampak seperti bintang dan galaksi. Perkiraan tentang banyaknya materi di dalam alam semesta berdasarkan efek gravitasi selalu menunjukkan bahwa sebenarnya ada jauh lebih banyak materi daripada materi yang dapat diamati secara langsung. Terlebih lagi, adanya materi gelap dapat menyelesaikan banyak ketidakkonsistenan dalam teori dentuman dahsyat.
Sebagian besar massa di alam semesta dipercaya berada dalam bentuk ini. Menentukan sifat dari materi gelap juga dikenal sebagai masalah materi gelap atau masalah hilangnya massa, dan merupakan salah satu masalah penting dalam kosmologi modern.
Pertanyaan tentang adanya materi gelap mungkin tampak tidak relevan dengan keberadaan kita di bumi. Akan tetapi, ada atau tidaknya materi gelap ini dapat menentukan takdir terakhir dari alam semesta. Kita mengetahui bahwa sekarang alam semesta mengalami pengembangan karena cahaya dari benda langit yang jauh menunjukkan adanya pergeseran merah. Banyaknya materi biasa yang terlihat di alam semesta tidaklah cukup untuk membuat gravitasi menghentikan pengembangan, dan dengan demikian pengembangan akan berlanjut selamanya tanpa adanya materi gelap. Pada prinsipnya, jumlah materi gelap yang cukup di alam semesta dapat menyebabkan pengembangan alam semesta berhenti, atau kebalikannya (yang akhirnya membawa kita pada Big Crunch). Pada prakteknya, sekarang banyak anggapan bahwa gerakan-gerakan alam semesta didominasi oleh komponen lainnya, energi gelap.

5. Dark Energy (energi gelap)
Dalam kosmologi, energi gelap adalah suatu bentuk hipotesis dari energi yang mengisi seluruh ruang dan memiliki tekanan negatif yang kuat. Menurut teori relativitas umum, efek dari adanya tekanan negatif secara kualitatif serupa dengan memiliki gaya pada skala besar yang bekerja secara berlawanan terhadap gravitasi. Yang ingin lebih tau tentang ini
Yang benar-benar telah semua orang di planet bingung – termasuk para ilmuwan – adalah energi gelap. Untuk melanjutkan pai analogi, energi gelap adalah bagian berukuran Garfield di 73 persen dari alam semesta yang diketahui. Sepertinya menyerap semua ruang dan mendorong galaksi jauh dan semakin jauh dari satu sama lain pada kecepatan semakin cepat. Beberapa ahli kosmologi mengira ekspansi ini akan meninggalkan galaksi Bima Sakti sebagai “pulau alam semesta” dalam beberapa triliun tahun tanpa terlihat galaksi-galaksi lain. Orang lain berpikir tingkat ekspansi akan menjadi begitu besar sehingga akan menghasilkan sebuah “Big Rip.” Dalam skenario ini, gaya gravitasi energi gelap membongkar mengatasi bintang-bintang dan planet-planet, kekuatan-kekuatan partikel-partikel tetap bersatu, molekul-molekul dalam partikel-partikel tersebut, dan akhirnya atom-atom dan partikel-partikel subatomik. Syukurlah, mungkin manusia tidak akan sekitar untuk menjadi saksi bencana alam.

4.PLANET
Mungkin kedengarannya aneh karena kita hidup di satu, tetapi planet adalah beberapa anggota yang lebih misterius dari alam semesta. Sejauh ini, tidak ada teori dapat sepenuhnya menjelaskan bagaimana disk gas dan debu di sekitar bintang membentuk planet – khususnya yang berbatu. Tidak membuat hal-hal yang lebih mudah adalah kenyataan bahwa sebagian besar dari sebuah planet yang tersembunyi di bawah permukaannya. Advanced gadget dapat memberikan petunjuk tentang apa yang ada di bawah, tapi kami punya sangat dieksplorasi hanya beberapa planet dalam tata surya. Hanya pada tahun 1999 adalah planet pertama di luar angkasa lingkungan kita terdeteksi, dan pada bulan November 2008 bonafide pertama planet ekstrasurya gambar yang diambil.
[3. Gravity
Kekuatan yang membantu bintang-bintang menyala, planet tetap bersama dan benda orbit adalah salah satu yang paling meresap namun terlemah di kosmos Para ilmuwan telah melakukan fine-tuned hampir setiap persamaan dan model untuk menjelaskan dan memprediksi gravitasi, namun sumber masalah dalam tetap yang lengkap dan mengucapkan misteri. Sebagian orang berpendapat sangat kecil yang disebut partikel graviton memancarkan kekuatan dalam segala hal, tetapi apakah mereka tidak pernah bisa dideteksi dipertanyakan. Namun, perburuan besar-besaran adalah selama menjabat-up utama di alam semesta yang disebut gelombang gravitasi. Jika terdeteksi (mungkin dari penggabungan lubang hitam), Albert Einstein konsep bahwa alam semesta memiliki sebuah “kain” dari ruang-waktu akan berada di tanah yang kokoh.

2. Life
Materi dan energi berlimpah-limpah di alam semesta, tapi hanya di beberapa tempat adalah gulungan dadu kosmis cukup sempurna untuk menghasilkan kehidupan. Bahan dasar dan kondisi yang diperlukan untuk fenomena aneh ini dipahami lebih baik daripada sebelumnya, berkat berlimpah akses kehidupan di Bumi. Tapi resep yang tepat – atau resep – untuk pergi dari unsur-unsur dasar karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosfor dan belerang ke sebuah organisme adalah sebuah misteri yang berlaku. Para ilmuwan mencari daerah baru di tata surya di mana kehidupan bisa berkembang (atau masih mungkin, seperti di bawah permukaan air bulan), dengan harapan untuk mencapai teori yang menarik bagi asal usul kehidupan.

1. The Universe (semesta)
Sumber energi, materi dan alam semesta itu sendiri adalah misteri tertinggi, baik, alam semesta. Berdasarkan Pijaran ekor yang tersebar luas yang disebut latar belakang gelombang mikro kosmik (dan bukti lain), para ilmuwan berpikir bahwa alam semesta terbentuk dari sebuah “Big Bang” – sebuah ekspansi dimengerti energi dari ultra-panas, ultra-negara padat. Menggambarkan waktu sebelum acara, bagaimanapun, mungkin mustahil. Namun, atom, pukulan keras mencari partikel yang terbentuk tak lama setelah Big Bang bisa menjelaskan baru tentang keberadaan misterius alam semesta – dan membuatnya menjadi sedikit lebih aneh daripada sekarang ini.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 10 hal menakjubkan di dunia dan alam semesta ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Wednesday, May 16, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 10 hal menakjubkan di dunia dan alam semesta
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...