Translate:

IT Telkom Juara 1 Kontes Pesawat Tanpa Awak



Institut Teknologi (IT) Telkom Bandung berhasil menjuarai kontes pesawat terbang tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) Indonesia Aerial Robot Contest (IARC) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2012.

Tim APTRG dari IT Telkom  menjadi juara pertama IARC kategori perguruan tinggi. Sedangkan alumni IT Telkom, Tim APTRG QC juga berhasil menjuarai IARC untuk kategori umum. Untuk kategori sekolah tingkat SMA, juara pertama berhasil diraih tim Saft 1 dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur.

Selain itu, event yang digelar di Lanud Sulaeman, Soreang, Kabupaten Bandung, juga memperebutkan Award Best Structure yang dimenangi UAC II dari Universitas Nurtanio, Best Efficiency dimenangi Tim Jentayu dari Universitas Diponegoro, Best Pay Load dimenangi Tim Camar 2012 (ITB), Best Presentation dimenangi Tim Sigra Ganesha (ITB), Best Surveillen dimenangi tim Aerobatix.com Lampung.

Seperti diketahui, kompetisi pesawat tanpa awak ini diikuti 26 tim "robot terbang" dari berbagai tempat di Indonesia yang digelar sejak Jumat 2 November lalu. Sebanyak 26 tim terbagi dalam tiga kategori yakni mahasiswa atau perguruan tinggi, siswa setingkat SMA, dan umum. Total hadiah yang dibagikan kepada para pemenang Rp50 juta.

Sedangkan juara 2 untuk kategori perguruan tinggi dimenangkan Garuda Team 5 dari ITS, juara dua kategori umum tim G-Copter dari Universitas Marnatha.

Sementara untuk kategori SMA, tidak ada juara dua. Pasalnya, banyak tim SMA yang gagal terbang. Kalaupun terbang, mereka mengalami crash. Namun ada tiga tim dari SMA yang mendapat hadiah apresiasi. 

Penilaian pemenang dilakukan juri dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), juri dari Fakultas Teknik Mesin Penerbangan (FTMD) ITB, dan lain-lain.

Ketua Jurusan Aeronautika dan Astronautika FTMD ITB Taufiq Mulyanto mengatakan, event ini tujuan utamanya bukan menghasilkan menang kalah, tetapi berusaha menjaga semangat atau spirit untuk berkreasi khususnya di bidang dirgantara. Untuk itu, proses dan kontinuitas sangat diperlukan supaya event ini bisa terus digelar tiap tahunnya. 

"Tahun depan akan ada lagi. Mari ramaikan IARC tahun berikutnya dengan prestasi dan semangat yang lebih baik lagi. Sehingga untuk memajukan dirgantara di Indonesia bisa terlaksana," kata Taufiq.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel IT Telkom Juara 1 Kontes Pesawat Tanpa Awak ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Wednesday, November 7, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 5 komentar: di postingan IT Telkom Juara 1 Kontes Pesawat Tanpa Awak
 
Reactions: 

5 comments:

  1. keren sob ^^ buat inspirasi hehe
    ezachucqy.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wahh mantap gan artikelnya..

    Koment back ya..
    Www.mediashared.info

    ReplyDelete
  3. Sekedar Mampir ke Blog ini,
    Blognya keren gan..

    #Salam dari saya, Admin Tutorial Blogz

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...