Translate:

Mahakarya Kontemporer


Saat mendengar kata Mahakarya, kita sering membayangkan hasil karya agung yang dibuat oleh para leluhur kita dimasa lampau. Saat mendengar kata Mahakarya, maka pikiran kita menerawang kepada candi, batik, keraton, prasasti, kitab cerita kuno, dan hal-hal semacamnya.


Mahakarya sendiri jika dibagi bisa menjadi 2 niih gan :
1. Mahakarya dibuat oleh Sang Pencipta.
2. Mahakarya karya yang dibuat oleh manusia


contoh mahakarya kontemporer yang dibuat oleh manusia

Mahakarya yang dibuat oleh manusia


Patung batu


Seniman petani Padepokan Tjipta Boedaja Tutup Ngisor, di kawasan Gunung Merapi, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Marmujo, merintis karya patung khusus topeng wayang batu bertumpu kepada basis kesenian wayang orang komunitas itu.
sumber: http://kiosbukugema.wordpress.com/20...g-topeng-batu/


Gitar batik


Gitar batik ini salah satu mahakarya man made sob… kebetulan pembuatnya kaskusers juga 
namanya Mas Guruh sabdo nugroho
sumber:
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13872865


Mahakaya ciptaan sang Pencipta
 


Raja Ampat


sumber gambar : http://www.facebook.com/note.php?not...50098763059676




Ini mahakarya ciptaan Tuhan sob, … letaknya di papua gan… keren banget nggak perlu ke Maldives..... ini jauh lebih indah
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.
Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya
Sumber : http://indonesiatravelplaces.blogspo...aja-ampat.html

Gunung Bromo

Sumber gambar : http://andretravelling.blogspot.com/...terbit-di.html

Gunung bromo ini letaknya di jawa timur dan dikategorikan sbg gunung aktif
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Bromo

Tidak salah jika kita sering menafsirkan istilah mahakarya ini dengan sesuatu yang luhur & adiluhung peninggalan para moyang kita dimasa lalu. Namun, sebenarnya, karya-karya spektakuler yang dibuat oleh putra-putri bangsa kita pada era sekarang juga seharusnya bisa kita anggap sebagai Mahakarya.


Nusantara dengan ragam budayanya tentu bisa jadi sumber inspirasi kita untuk menciptakan berbagai mahakarya. Gilaaa kereeen bangeet…. Nah ayo sob kita kumpulin mahakarya yang ada di sekitar kita, kali aja tetangga buat mahakarya yang luar biasa atau sobat sendiri punya?
Ayo sobat Tuangkan langsung sob… ini bentuk dari apresiasi kita kepada bangas lho..

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mahakarya Kontemporer ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Sunday, November 4, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mahakarya Kontemporer
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...