Translate:

Taman Wisata Selorejo


Sekilas tentang Taman Wisata Selorejo

Waduk Selorejo merupakan salah satu kawasan wisata di daerah Kabupaten Malang Jawa Timur yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta I yang dimanfaatkan sebagai Taman Wisata, Hotel dan Resort. Keindahan Waduk dikelilingi oleh perbukitan dan gunung menambah kesejukan udara yang dapat dirasakan oleh wisatawan/pengunjung. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, dari Kota Batu sekitar 25 km atau sekitar 48 km di Barat Laut Kota Malang, setidaknya terdapat empat gunung yang memagari Waduk Selorejo. Diantaranya Gunung Arjuna, Pegunungan Kawi, Gunung Anjasmoro, dan Gunung Kelud Blitar. Sejumlah bukit juga telah menjadi benteng kolam air raksasa tersebut.

Siapa yang belum mengenal taman wisata waduk Selorejo di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang? Kini bukan hanya wisata air yang ditawarkan Taman Wisata Selorejo Hotel & Resort. Banyak program wisata lainnya yang bisa dinikmati pengunjung waduk yang dikelola Perum Jasa Tirta I itu. Begitu memasuki kawasan wisata yang mempunyai luas total sekitar 650 hektare tersebut, mata langsung dimanjakan oleh view yang menawan. Semakin nyaman karena pengunjung waduk yang dibangun pada 1962 tersebut juga merasakan kesejukan alami. Kesejukan hawa pegunungan. maklum, kawasan wisata itu berada sekitar 650 meter diatas permukaan laut (dpl).

SUHU yang sejuk ± 22º Celcius membuat orang betah disana. Bagi anda penggemar durian, Ngantang merupakan gudang durian pada bulan-bulan tertentu. Buah duriannya terkenal dengan rasa yang khusus yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata kecuali dinikmati sendiri. JEMBATAN gantung di Taman Wisata Selorejo menjadi sarana untuk menghubungkan kolam renang dengan taman wisata. Bagi mereka yang mempunyai hobi jalan sehat, jembatan gantung merupakan jalur jogging track di sepanjang sisi waduk. Keliling Taman Wisata Selorejo menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan waduk Selorejo dengan menggunakan sarana perahu mesin maupun perahu dayung.

NIKMATI pula kerenyahan makanan lokal khas warung dalam taman wisata yang mahir menggoreng ikan nila, mujair, dan ikan tombro. Konon kelezatan nila goreng dan mujair bakarnya tak tertandingi dengan restoran manapun. Anda dapat menikmati panorama matahari terbit dan terbenam dalam bayangan air danau dari jendela kamar cottage tempat anda bermalam. Areal Taman Wisata Selorejo dapat dijadikan arena sepeda gunung bagi mereka yang menyenangi tantangan dan rintangan yang cukup berat. Sarana lapangan tenis 3 ban dengan tribun dan lapangan sepakbola melengkapi sarana olahraga di Taman Wisata Selorejo Selain pemandangan Waduk Taman Wisata Selorejo, kawasan Waduk Selorejo mampu dijadikan arena ski & jet ski dapat dinikmati oleh wisatawan dan pada tahun 2009 telah ditambah dengan fasilitas water sport banana boat.

COTTAGE 
yang terletak di pinggir Waduk menjadi salah satu daya tarik tersendiri, pemandangan waduk alam terlihat apabila menginap di cottage tersebut. Kicauan burung akan menghiasi suasana pagi.

HOTEL
menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menginap berlokasi dilingkungan yang asri langsung memandang kehijauan pegunungan dan bentangan luasnya air bendungan berlokasi di area sekitar cottage.

WISMA
terletak didua lokasi yang berbeda dengan karakteristik yang unik yaitu Wisma Flamboyan dan Wisma Sakura dan Dahlia.

GEDUNG PERTEMUAN
melengkapi Taman Wisata Waduk Selorejo Hotel & Resort sebagai lokasi wisata Konvensi. Saat ini terdapat 6 (enam) gedung pertemuan yang representatif dengan kapasitas peserta 70 s/d 500 orang.

FASILITAS
kolam renang dengan air yang berasal dari sumber air yang bersih dan segar melengkapi kenyamanan berolahraga air. Kolam renang anak & kolam renang dewasa dengan ukuran international, tepat sekali apabila dijadikan arena pertandingan renang.
Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan
  • Berperahu mengelilingi waduk.
  • Kolam renang, tiga ban lapangan tenis, lapangan sepak bola, padang golf sembilan hole, arena sepeda gunung, sampai joging dan jalan kaki.
  • Bagi pengunjung yang gemar buah-buahan bisa singgah di Pulau Jambu, di sebuah "tanjung" waduk, merupakan "hutan" jambu biji. Hanya dengan membayar Rp.1000 Anda sudah bisa menikmati Jambu biji sepuas-puasnya. Apabila Anda ingin membawanya pulang, maka akan dikenakan lagi biaya sebesar Rp.2000/10 buah.
Tips
  • Dalam perjalanan menuju Selorejo sebaiknya Anda mengemudikan kendaraan secara santai, sebab banyaknya tikungan yang harus dilewati bisa membuat perut mual.
  • Bagi maniak durian, datanglah ke Selorejo bertepatan dengan musim buah tersebut. Durian asal Ngantang bukan saja terkenal di Malang, tetapi juga di kota-kota lain di Jatim.
  • Perahu dayung bisa disewa Rp 40.000 per jam, dan perahu bermotor sekitar Rp 60.000 per jam

Selorejo Gallery:





















Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Taman Wisata Selorejo ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Sunday, December 2, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1comments: di postingan Taman Wisata Selorejo
 
Reactions: 

1 comments:

  1. terima kasih atas artikelnya ini..
    saya sedang mencari artikel ini.
    dan terima kasih sudah mau berbagi :D



    #Salam Silaturahmi dari saya ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...