Translate:

Ikon-ikon Provinsi Terkenal di Indonesia #2

Lanjutannya yang kemarin nih...
Tugu Jogja
Tugu Jogja or the Jogja Monument becomes the landmark that is closely linked to Yogyakarta. There is a tradition to hug and kiss this monument after finishing the study in a university. Tugu Jogja is the most popular landmark of Yogyakarta. This monument is located right in the center of the crossroad between the Mangkubumi, Soedirman, A.M. Sangaji and Diponegoro roads. The Tugu Jogja that is almost 3 centuries old has a very deep meaning and it keeps some history records of Yogyakarta.


Tugu Jogja was built around one year after the construction of Yogyakarta Kingdom. At the early time of its construction, it clearly described the philosophy of the unity of God's creatures that means the spirit of togetherness of lay people and authorities to fight colonials. In Javanese term, the spirit of togetherness is called golong gilig that is clearly described in the construction of the monument: the pole is of gilig (cylinder) form and the top part is golong (rounded). This monument was known as Tugu Golong-Gilig.




Kraton Yogyakarta
Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Kraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya semata, Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut. Di tempat ini wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus hidup serta dilestarikan. Kraton Yogyakarta dibangun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755, beberapa bulan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti. Dipilihnya Hutan Beringin sebagai tempat berdirinya kraton dikarenakan tanah tersebut diapit dua sungai sehingga dianggap baik dan terlindung dari kemungkinan banjir. Meski sudah berusia ratusan tahun dan sempat rusak akibat gempa besar pada tahun 1867, bangunan Kraton Yogyakarta tetap berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik.




Jembatan Balerang, Batam




Monumen Garuda Wisnu Kencana, Bali


berlokasi di Bukit Unggasan - JimbaranBali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.
Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.
Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari KutaSanurNusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

Tugu Muda, Semarang


Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung


Menara alun-alun Magelang




Tugu Khatulistiwa, Sabang


Masjid Menara Kudus


Patung Bung Karno, Blitar
Patung ini mengilustrasikan Presiden Soekarno memakai peci,
sedang duduk dengan kaki kiri berada di atas kaki kanan.
Beliau memegang buku sambil menoleh ke arah kanan.
Patung secara keseluruhan berwarna coklat tua.


Tugu Mc Arthur, Sentani, Jayapura


Monumen Mandala, Makassar


Patung Zapin, Pekanbaru


Masjid Raya Al A'zhom, Tangerang




Artikel Sebelumnya:

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ikon-ikon Provinsi Terkenal di Indonesia #2 ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Tuesday, June 19, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ikon-ikon Provinsi Terkenal di Indonesia #2
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...