Translate:

10 Mahasiswa Unsoed KKN di Perbatasan Negara


Ketika mendengar istilah kuliah kerja nyata (KKN), kita akan terbayang suasana seru hidup di desa dengan fasilitas seadanya. Selama sekira dua bulan, kita juga akan belajar banyak hal dari kehidupan bermasyarakat di desa.

Nah, gambaran itulah yang akan dijalani sepuluh mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sepanjang Januari-Februari 2013 ini. Bedanya, mereka akan menjalani KKN di daerah perbatasan Republik Indonesia dengan negara Papua Nugini. Dalam program KKN Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN-Posdaya) ini, mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed, M Iqbal, dkk. akan tinggal di Kampung Wasur, Yangandur dan Tomer, Merauke.

Bersama mahasiswa dari Universitas Musamus (Merauke), kelompok KKN-Posdaya Unsoed tersebut akan mengembangkan potensi masyarakat di sana. Beberapa program yang sudah mereka siapkan di antaranya pengembangan budidaya ubi jalar, pengolahan hasil pertanian dan perikanan, serta perkenalan pilar pemberdayaan keluarga, seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup. Demikian seperti dilansir situs Undip, Kamis (17/1/2013).

Iqbal mengaku, tidak khawatir meski ditempatkan di daerah perbatasan negara. "Kami tak sabar untuk segera berangkat dan kami sangat berharap kami benar-benar ditempatkan di wilayah perbatasan sebab perbatasan adalah etalase negara kita yang harus dibangun dan diberdayakan," ujar Iqbal.

Pada KKN-POsdaya periode Januari-Februari 2013, Unsoed memberangkatkan 1.760 mahasiswa ke berbagai daerah di Tanah Air. Menurut Rektor Unsoed Prof. Edy Yuwono, Ph.D, fokus KKN-Posdaya adalah meningkatkan kapasitas masyarakat pedesaan dalam mencapai kedaulatan, kesejahteraan, kemandirian dengan menjadikan keluarga sebagai sumbu kegiatan.

"Kesadaran akan pentingnya perbaikan empat pilar posdaya, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan hidup merupakan fundamental dari perubahan menuju peningkatan taraf hidup secara keseluruhan," ujar Edy.

SUMBER

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 10 Mahasiswa Unsoed KKN di Perbatasan Negara ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Saturday, January 19, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 10 Mahasiswa Unsoed KKN di Perbatasan Negara
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...