Translate:

Cengkraman Android Berkurang, iOS Kian Kuat



Pertempuran sistem operasi mobile semakin memanas. Android yang memiliki lebih dari setengah pangsa pasarsmartphone di Amerika Serikat, kini mulai dilonggarkan cengkramannya oleh iOS.
 
Dilansir dari AllThingsD, Selasa (31/7/2012), penelitian baru dari Strategy Analytics mengungkapkan, pangsa pasar sistem operasi besutan Google itu di AS mengalami penurunan selama kuartal kedua. Berbanding terbalik dengan Android, sistem operasi mobile Apple yakni iOS justru semakin memperlihatkan pertumbuhan yang baik.
 
Untuk periode tiga bulan yang berakhir pada Juni (Q2 2012), Android menguasai 56 persen pasar smartphone AS, menurun dibandingkan tahun lalu dengan 61 persen. Selain itu, pengapalan handsetAndroid pun terlihat mengalami kemerosotan dari 15,3 juta menjadi 13,4 juta.
 
Pada waktu yang sama, pangsa iPhone di pasar smartphone AS meningkat menjadi 33 persen dari 23 persen pada tahun lalu. Begitu pula dengan pengapalan iPhone pada kuartal kedua tahun ini yang melonjak dari 5,9 juta menjadi 7,9 juta.
 
Jadi, meski Android tetap menjadi sistem operasi smartphone paling populer di AS, namun tampaknya akan mengalami perubahan. Perlu dicatat, pengiriman smartphone secara keseluruhan di AS memang turun lima persen dari tahun ke tahun dan tentunya hal itu juga yang menjadi salah satu penyebab pangsa pasar Android merosot.
 
Untuk melihat alasan lain dari penurunan pangsa pasar Android yang lebih dari sekedar melambatnya tingkat pertumbuhan smartphone, tentu harus menunggu hasil survei terbaru untuk kuartal ketiga dari Strategy Analytics.
 
Sementara itu,  selain Android dan iOS, OS BlackBerry juga masih memiliki andil di pasar smartphone AS. Sistem operasi besutan Research In Motion (RIM) mengalami penurunan pangsa pasar smartphone AS menjadi 6,5 persen dari 10,5 persen pada periode yang sama tahun lalu (Q2 2011).

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cengkraman Android Berkurang, iOS Kian Kuat ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Thursday, August 2, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cengkraman Android Berkurang, iOS Kian Kuat
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...