Translate:

Mengukur Popularitas Kampus di Dunia Maya



Sejumlah lembaga memeringkat popularitas Perguruan Tinggi di dunia maya. Perguruan Tinggi di Indonesia pun masuk dalam hitungan, dan semakin diakui di dunia. Sebab kini kian banyak  jumlah kampus yang tingkat popularitasnya kian menanjak di internet.

Dengan menggunakan metode pemeringkatan untuk edisi Juli 2012, masih sama seperti edisi sebelumnya, yaitu dengan menggunakan tiga kriteria, yakni Google Pagerank, Alexa Traffic dan Majestic SEO Reffering Domain.

Sementara pengukuran tautan eksternal dengan menggunakan situs majesticseo.com juga dipakai oleh Webometrics, yaitu untuk parameter visibility. Majestic SEO menggantikan Yahoo Site Explorer mulai edisi Januari 2012.

Berdasarkan tingkat popularitasnya di internet yang dirilis 4ICU edisi Juli 2012, jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang dinilai pada edisi kali ini adalah 335 kampus, atau bertambah 27 dibandingkan edisi Januari 2012.

4ICU mencatat kampus seperti ITB, UI, dan UGM, masih mempertahankan posisinya sebagai tiga besar di Indonesia, dan berhasil menembus 100 besar Asia.

Peringkat dunia saat ini masih dikuasai oleh perguruan tinggi dari Amerika Serikat yang menempatkan 17 perguruan tingginya dalam 20 besar dunia. Oxford dan Cambridge dari Inggris hanya menempati posisi ke-16 dan 17. Yang membanggakan, ITB berhasil masuk peringkat 82 dunia, sekaligus menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Sedangkan untuk tingkat nasional, di Indonesia, peringkat sepuluh besar sendiri mayoritas masih dikuasai oleh perguruan tinggi negeri. Cuma Universitas Gunadarma satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masih berada pada sepuluh besar nasional.

Berikut peringkat sepuluh besar nasional, diantaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor,Universitas Gunadarma, Universitas Airlangga, Universita Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mengukur Popularitas Kampus di Dunia Maya ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Thursday, July 19, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mengukur Popularitas Kampus di Dunia Maya
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...