Translate:

Tiga Klub Yang Pernah Mencicipi Titel Eropa Di Munich

Final Liga Champions tahun ini akan dilangsungkan di Muenchen dan untuk kali pertama Allianz Arena akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar kejuaraan antarklub terbaik Eropa.

Tapi Muenchen tidak kali pertama menggelar pertandingan final semacam ini. Ada setidaknya tiga pertandingan final Liga Champions yang sempat digelar sebelum stadion kebanggaan Bayern Muenchen itu berganti nama menjadi Allianz Arena pada 2005.
1-0
Nottingham Forest menang

Pada 30 Mei 1979, final dari kejuaraan yang dulunya disebut Piala Eropa itu dilangsungkan di Stadion Olympia, Munich. Setidaknya 57 ribu orang menyaksikan final antara klub Inggris Nottingham Forest dan perwakilan Swedia Malmo FC.

Pada saat itu, klub Inggris mendominasi kompetisi antara tahun 1977 dan 1982, dengan status juara dibagi Aston Villa, Liverpool (tiga kali) dan Nottingham Forest (dua kali), dengan penghargaan terakhir diraih di Munich pada 1979.

Adalah gol tunggal Trevor Francis di menit 45 yang menjadi penentu kemenangan Nottingham Forest di laga tersebut.

1-0
Marseille menjadi tim pertama yang memenangi kejuaraan Liga Champions
Di musim 1992/93, kejuaraan antarklub terbaik Eropa berganti nama dari Piala Champions menjadi Liga Champions, dan Stadion Olympia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam laga final tersebut.

Pada 26 Mei 1993, adalah Olympique Marseille dan Milan yang berduel di final. Disaksikan kurang lebih 64 ribu penonton di stadion, pemain-pemain bintang Marseille seperti Fabien Barthez, Marcel Desailly, Didier Deschamps dan Rudi Voller berduel meladeni Franco Baresi, Frank Rijkaard, Marco van Basten, dan Jean-Pierre Papin.

Pertandingan akhirnya ditentukan dengan gol Basile Bole di menit 44. Milan berusaha menyamakan kedudukan di 45 menit waktu di babak kedua, tapi gagal mewujudkannya. Alhasil, Marseille-lah yang menjadi tim pertama sukses mengangkat tropi Liga Champions.

3-1
Dortmund angkat tropi juara di Munich
Di tahun 1997, Dortmund mengakhiri 14 tahun puasa gelar juara tim Jerman di turnamen bergengsi antarklub Eropa dengan menjadi tim pertama Bundesliga Jerman yang memenangi Liga Champions.

Pada 28 Mei, 59 ribu orang menjadi saksi mata kedigdayaan Dortmund atas Juventus di Stadion Olympia. Padahal wakil Serie A Italia itu lebih difavoritkan memenangi tropi Liga Champions tersebut sebelum laga dimulai.

Karl-Heinz Riddle membawa Dortmund memimpin di babak pertama lewat dua golnya, masing-masing di menit 29 dan 34. Alessandro Del Piero sempat mencetak gol balasan dan membuka peluang Juventus, tapi Lars Ricken menutup kemungkinan comeback tim Italia itu dengan tendangan lob yang tak mampu dijangkau Angelo Peruzzi.

Pada tahun 1996, ada laga final lain dilangsungkan di Munich, yaitu Piala UEFA. Dalam dua laga tandang kandang, Bayern yang menjadi finalis bisa meraih kemenangan 2-0 atas Girondins Bordeaux di kandang sendiri sebelum menegaskan dominasi dua minggu kemudian di Prancis dengan keunggulan 3-1.
Stadion Olympia, tempat semua laga final dilangsungkan di Munich
Setidaknya beberapa hari lagi, laga final Liga Champions akan kembali dilangsungkan di Munich, tepatnya di stadion yang bernama Allianz Arena. Sepertinya laga antara Chelsea dan Bayern akan menjadi laga spesial yang tak mungkin dilupakan.

Penulis : Yudo Utomo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tiga Klub Yang Pernah Mencicipi Titel Eropa Di Munich ini dipublish oleh Yudo Utomo pada hari Saturday, May 5, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tiga Klub Yang Pernah Mencicipi Titel Eropa Di Munich
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...